Selasa, 07 April 2020

Mempelajari Alat Ukur Antropometri di Berbagai Bidang Ilmu

Antropometri merupakan salah satu model pengukuran yang lumayan dikenal secara luas. Terdiri dari dua kata yaitu 'antro' yang artinya manusia dan 'metri' yang bermakna pengukuran. Singkatnya pengukuran ini dilakukan untuk mengukur anggota tubuh manusia. Namun, bagi sekian banyak orang pengukuran antropometri merupakan ilmu yang jarang diketahui secara umum. Padahal, sebenarnya pengukuran antropometri mempunyai manfaat dan manfaat yang krusial terhadap beberapa bidang ilmu yang seringkali kita gunakan.


Alat Ukur Antropometri


Pada artikel ini, kami hendak mengulas secara umum tentang pengukuran antropometri di dalam bermacam bidang ilmu yang ada di Indonesia. Namun sebelum itu, mari terlebih dahulu mempelajari secara singkat perihal pengukuran antropometri.




Pengukuran Antropometri

Dalam menjalankan pengukuran antropometri, pengukuran yang digunakan dalam hal ini meliputi semua anggota tubuh manusia yang berada pada anggota luar. Misalnya tempat kepala, daerah tubuh, tangan, kaki dan lain sebagainya. Data antropometri didapatkan lewat pengukuran tubuh manusia yang kemudian, pengukuran ini menjadi sebuah sampel perlu yang digunakan untuk keperluan ilmu maupun penelitian yang berwujud urgent seperti yang dibutuhkan.

Jenis Pengukuran Antropometri

Pada pengukuran antropometri, salah satu perihal penting yang mesti diketahui adalah model pengukuran antropometri yang ada. Karena walaupun sama-sama mengkalkulasi dimensi tubuh manusia, tetapi terkandung perbedaan yang mendasari pengukuran ini.
  1. Pengukuran Antropometri Statis
Pengukuran antropometri statis merupakan pengukuran yang didapatkan dengan posisi pengukuran diam cocok dengan kebutuhan informasi yang hendak didapatkan. Misalkan kalau keperluan pengukuran dalam posisi duduk, maka posisi jenis yang dapat diukur pada posisi duduk diam atau pada posisi yang statis.
  1. Pengukuran Antropometri Dinamis
Bila antropometri statis berhubungan dengan perhitungan dalam bentuk tubuh saat diam. Maka cocok bersama dengan namanya, antropometri dinamis terkait bersama dengan pengukuran situasi maupun ciri-ciri fisik seseorang dalam situasi bergerak atau mencermati gerakan-gerakan yang barangkali berjalan sementara pekerjaan tersebut dilakukan.

Terdapat tiga wujud pengukuran dinamis yaitu:
  1. Pengukuran tingkat keterampilan sebagai pendekatan untuk tahu bagaimana keadaan berkenaan langkah kerja dari suatu kegiatan dalam pekerjaan dan lain sebagainya.
  2. Pengukuran jangkauan ruangan yang diperlukan sementara kerja. Hal ini terjalin bersama keamanan dan kenyamanan di dalam pekerjaan. Misalkan bagi pegawai pabrik, tentunya jangkauan karyawan ke alat mesin dapat terlalu berpengaruh.
  3. Pengukuran variabilitas kerja, yang didasarkan pada kegiatan apa saja yang dilaksanakan di dalam mekanisme kerja seseorang.

Alat Ukur Antropometri dalam Berbagai Bidang Ilmu

Setelah mengenal perihal pengukuran antropometri dan tipe pengukuran antropometer, maka selanjutnya kita mampu mengenal tentang alat ukur yang digunakan di dalam pengukuran antropometri.

Pada beraneka pengukuran konvensional kebanyakan digunakan alat seperti meteran biasa maupun penggaris. Namun kini terkandung alat spesifik yang bisa digunakan untuk mengukur dimensi tubuh manusia secara khusus. Alat ini dikenal dengan nama Antropometri Kit.



Antropometri Kit merupakan alat ukur yang terdiri dari beragam peralatan perlu yang digunakan untuk menunjang pengukuran antropometri. Biasanya alat ini terdiri dari beberapa instrument yaitu seperti:
  • Antropometer
  • Sliding Caliper
  • Small Spreading Caliper
  • Large Spreading Caliper
Beberapa instrument di atas digunakan kegunaan saling melengkapi dan memudahkan pengukuran antropometri yang akan dilakukan. Saat ini, Antropometri Kit menjadi instrument perlu saat menjalankan pengukuran antropometri.

Sehingga, bagi siapapun yang mencoba untuk melaksanakan pengukuran antropometri lebih baik dengan memakai Antropometri Kit sebagai penunjang pengukuran yang lebih maksimal. Selain itu, bentuk Antropometri Kit yang portable mampu memudahkan pengukuran dilaksanakan di mana saja dan kapan saja.

Penerapan Antropometri dalam Berbagai Bidang Ilmu

Selain mempelajari mengenai beberapa hal di atas, setelah itu tentu saja mutlak bagi kita untuk mempelajari tentang bidang ilmu yang memakai pengukuran antropometri sebagai bagian yang berasal dari penelitian yang ada.

Antropometri memengaruhi banyak bidang terhadap kajian ilmu yang berbeda. Beberapa bidang pengetahuan yang memerlukan pengukuran antropometri adalah sebagai berikut:
  1. Antropologi
Kajian pengetahuan yang umum memakai antropometri sendiri yaitu adalah antropologi. Kesamaan dua pengetahuan ini sendiri terkait bersama penelitian yang mereka manfaatkan dan berhubungan bersama dengan manusia. Antropologi mempunyai dua kajian pengetahuan yakni antropologi fisik dan budaya. Pada hal ini, antropologi fisik mempunyai hubungan yang erat bersama antropometri lebih-lebih gara-gara cabang ilmu antropologi yakni paleo-antropologi yang digunakan untuk menganalisis bagaimana wujud fisik terkait bersama karakter ras manusia. Selain itu, pengetahuan antropometri terhitung dijadikan acuan untuk mengukur variasi tubuh manusia yang bervariasi gara-gara terbagi berasal dari ras dan suku yang berbeda.


  1. Ilmu Kesehatan
Penerapan antropometri yang lain adalah pada pengetahuan kesehatan, didalam perihal ini, dijelaskan bahwa antropometri seringkali digunakan untuk mengetahui tumbuh kembang kesehatan yang normal. Misalnya, kadangkala terkandung pengukuran tertentu yang dilaksanakan oleh dinas kebugaran untuk mengambil alih informasi yang ada terhadap masyarakat. Data ini lantas digunakan oleh dinas kesegaran terkait untuk mengerti bagaimana status gizi yang cocok untuk menunjang perkembangan kesehatan masyarakat.


  1. Ilmu forensik
Selain sebagian hal di atas, pengetahuan forensik merupakan ilmu lain yang membutuhkan pengetahuan antropometri untuk melaksanakan penelitian. Hal ini berkaitan dengan penelitian mayat yang biasanya memerlukan informasi antropometri untuk menganalisis wujud dan ukuran fisik seseorang yang meninggal berdasarkan temuan tubuh yang tersisa. Atau singkatnya, pengukuran ini digunakan untuk mengidentifikasikan seseorang atau profil biologis seseorang yang hendak diteliti. Hal ini yang lantas menyebabkan Ilmu forensik berkaitan erat bersama antropometri dan antropologi.


  1. Teknik Industri
Meskipun antropometri mempunyai keterkaitan terhadap bidang kesehatan, tetapi antropometri termasuk mempunyai keterkaitan pada dunia industri. Salah satunya dikarenakan antropometri digunakan untuk menciptakan produk ergonomis yang sesuai dengan kebutuhan kegunaan menciptakan produk massal. Data antropometri dapat mendukung kami untuk menciptakan desain produk yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa desain produk yang memakai pengukuran antropometri adalah desain produk alat kerja, desain produk pakaian, desain produk furniture dan lain sebagainya. Dari hasil di atas, maka kita bisa mengerti bahwa antropometri menjadi sebuah elemen perlu untuk menciptakan produk ergonomi yang mementingkan keamanan dan kenyamanan.


  1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Selain beberapa perihal di atas, pada ilmu kesehatan dan keselamatan kerja, antropometri merupakan salah satu pengetahuan penunjang yang mutlak atau krusial. Hal ini berkaitan bersama dengan bagaimana menyesuaikan sebuah tempat atau alat yang sesuai bersama kebutuhan pada tubuh manusia. Cara untuk memperoleh hasil data tersebut adalah bersama melaksanakan sampel pengukuran antropometri kesejumlah orang bersama dengan variabel yang sama. Data ini yang lantas dapat dianalisis untuk menyadari bagaimana desain area kerja maupun alat yang cocok dengan kesegaran dan keselamatan kerja yang cocok dengan kebutuhan masyarakat.




Beberapa perihal di atas merupakan sekilas pembahasan mengenai antropometri secara umum. Terkait bersama dengan tipe pengukuran, bidang yang mengfungsikan antropometri dan alat ukur yang digunakan dalam pengukuran antropometri.

Hal di atas menunjukan bahwa bidang antropometri benar-benar tentang dengan bidang ilmu lain yang ada. Untuk itu, seumpama kalian merupakan seseorang yang berkecimpung pada bidang-bidang yang disebutkan di atas, pastikan bahwa kamu bisa melaksanakan atau mengimplementasikan pengukuran antropometri yang sesuai bersama dengan masing-masing kebutuhan.

Untuk membantu keperluan tersebut, Solo Abadi membuat alat ukur antropometri yang bernama Portable Antropometri Kit.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik link berikut atau hubungi  kami via whatsapp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar