Sabtu, 18 April 2020

Arti dari Sport Science

Sekarang kita sudah berada di era industri 4.0, masa di mana kita mampu melaksanakan aktivitas ataupun pekerjaan sehari-hari dengan enteng seiring pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi. Banyak sektor dan anggota yang turut terbantu dengan pertumbuhan tersebut, salah satunya yaitu di bidang olahraga. Perkembangan di bidang olahraga mengalami peningkatan di beragam dunia. Hal berikut sanggup berjalan dikarenakan mereka sudah berhasil mengkombinasikan perkembangan teknologi, faktor fisiologi, psikologi, hingga kinantropometri bersama dengan olahraga. Oleh sebab itu, munculah makna “keren” di dunia olahraga yang bernama Sport Science.

Sports Science


Sebetulnya sudah banyak orang yang memakai makna sport science, bahkan jauh sebelum saat dimulainya jaman industri 4.0. Di Indonesia sendiri, banyak yang sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Tetapi, sebagian orang masih mengartikan perihal tersebut dengan tidak cukup tepat.

Definisi Sport Science

Secara harfiah, makna dari sport science merupakan pengetahuan olahraga. Hal tersebut kuranglah tepat karena tidak cukup mampu mewakili makna sport science secara menyeluruh.

Untuk memberi tambahan wawasan kalian terhadap sport science, selanjutnya merupakan beraneka definisi dari sport science.
  1. Kensport
Menurut salah satu situs yang sudah berkecimpung di dunia olahraga, sport science merupakan sebuah ilmu yang menerapkan pedoman-pedoman pada science guna memaksimalkan prestasi olahraga, baik tingkat nasional ataupun internasional.

Terdapat 3 bidang pengetahuan di dalam menerapkan pedoman ataupun prinsip guna menambah prestasi olahraga, yaitu fisiologi, psikologi dan biomekanika.

Fisiologi memiliki fungsi bagi para atlet di dalam membiasakan pola latihan bagi tubuh (atau sanggup juga mempunyai arti wujud respon tubuh mereka pada latihan yang dijalani). Dengan demikian, para atlet mampu sadar apakah wujud latihannya telah sesuai atau belum.

Psikologi mempunyai peranan guna memberi tambahan semangat, motivasi dan juga mengontrol emosi para atlet karena hal-hal tersebut berpengaruh pada tingkah laku para atlet.

Dan untuk biomekanika mempunyai kegunaan di dalam menganalisa mekanika pergerakan tubuh. Dengan terdapatnya biomekanika, kita bisa mengidentifikasi tehnik ataupun cara terbaik para atlet di dalam menaikkan prestasi olahraga. Selain itu, biomekanika dapat menurunkan resiko para atlet mengalami cedera.
  1. Wikipedia
Menurut Wikipedia, sport science merupakan sebuah pengetahuan yang mempelajari tentang penerapan komitmen science dan termasuk teknik-teknik guna menambah prestasi olahraga.

Dalam menerapkan pengetahuan tersebut, terdapat bidang-bidang yang termasuk turut terlibat, layaknya fisiologi, psikologi, biomekanika, sampai nutrisi yang diserap para atlet, sports technology, anthropometry dan juga kinanthropometry.
  1. Buku Sport Science Handbook: I-Z dari Simon P. R. Jenkins
Dan yang terakhir diambil dari salah satu buku yang mengupas secara tertentu mengenai sport science. Sport science merupakan suatu ketekunan ilmu yang mampu meningkatkan kinerja atletik para atlet. Sama seperti sebelumnya, sport science melibatkan beragam disiplin pengetahuan yang terkait, seperti kinanthropometry, biomekanika, fisiologi olahraga, psikologi olahraga dan sosiologi olahraga.

Penerapan Sport Science

Peran Kinantropometri pada Sport Science

Seperti yang telah dijelaskan oleh berbagai sumber di atas, terdapat beberapa segi yang harus diterapkan dalam melaksanakan sport science, salah satunya yaitu kinantropometri.

Seperti yang telah dibahas di link berikut, kinantropometri adalah studi yang mempelajari mengenai pengukuran yang berpengaruh pada bentuk, proporsi, komposisi, kematangan dan nutrisi seseorang untuk menyadari karakteristik yang terkait dengan gerakan manusia.

Dengan adanya kinantropometri, kita mampu menyadari tumbuh kembang para atlet karena karakteristik tubuh mereka selalu dipantau. Poin positif yang dapat diambil dengan memahami karakteristik tubuh para atlet yaitu kita sanggup memaksimalkan bentuk latihan yang mereka butuhkan.

Alat Ukur Kinantropometri Terbaik

Untuk menopang kebutuhan di dalam menjalankan segala pengukuran yang diperlukan dalam kinantropometri dengan cepat dan efektif, Solo Abadi membuat alat ukur kinantropometri yang bernama Portable Antropometri Kit.


Portable Antropometri Kit merupakan alat ukur kinantropometri yang mampu mengkalkulasi semua dimensi bagian tubuh luar manusia.

Untuk Info lebih lanjut, silahkan klik link berikut atau menghubungi whatsapp di nomor berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar