Selasa, 28 April 2020

Beberapa Alat untuk Mencegah Stunting yang Harus Kalian Ketahui!

Urgensitas penanganan stunting melalui mendeteksi pengukuran antropometri menjadi penting bagi kita. Sehingga kita akan sama-sama memahami tentang bagaimana cara pengukuran yang baik terhadap stunting. Pengukuran pada dasarnya dilakukan sedini mungkin agar pertumbuhan anak dapat diklasifikasikan di dalam kondisi stunting atau tidak. Selain itu, harus diketahui beberapa pengukuran yang dijalankan supaya pengukuran dapat terjadi dengan lebih efektif.


Pengukuran ini merupakan sebuah hal mutlak untuk mengetahui apakah nantinya anak terdeteksi mempunyai resiko stunting atau kerdil. Karena menurut berbagai sumber, kondisi stunting yang terparah dapat menyebabkan turunnya pertumbuhan energi pikir. Padahal kami tahu, bahwa anak-anak merupakan aset terbesar bagi bangsa Indonesia.

Pengukuran Antropometri dalam Stunting

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita sudah seringkali mengulas perihal pengukuran antropometri. Selain sering digunakan dalam beberapa bidang seperti bidang Teknik IndustriOlahraga, hingga Desain Produk, pengukuran antropometri termasuk memiliki peran yang mutlak di dalam bidang Kesehatan.

Salah satunya, layaknya yang tengah kita bahas, yaitu pengukuran antropometri untuk stunting. Untuk mengupas hal berikut lebih lanjut, berikut merupakan pengukuran yang perlu untuk diketahui:
  1. Pengukuran Tinggi Badan
Pengukuran tinggi badan merupakan salah satu pengukuran yang krusial untuk dilakukan. Pengukuran ini terkait dengan bagaimana standar tinggi badan anak terhadap usia tertentu. Apabila anak memiliki tinggi tubuh yang jauh dari standar usianya, anak berikut selanjutnya mesti dilakukan kontrol lebih lanjut.
  1. Pengukuran Berat Badan
Faktor lain yang digunakan sebagai acuan dalam pemeriksaan stunting yaitu pengukuran berat badan. Pada pengukuran berat badan, kita mampu melihat apakah berat badan anak sudah sesuai dengan standar usianya atau tidak. Karena hal berikut berhubungan dengan kurang atau tidaknya gizi sang anak. Dan jika gizi berikut kurang, bisa saja anak tersebut terkena stunting.
  1. Pengukuran Lingkar Kepala
Dalam melaksanakan pengukuran untuk mendeteksi stunting, pengukuran lingkar kepala juga merupakan salah satu perihal yang krusial. Apabila suasana lingkar kepala berada di atas normal, maka bisa saja anak berikut terindikasi hidrocefalus atau suasana kepala yang lebih besar daripada ukuran normal. Sedangkan sebaliknya, bila lingkar kepala berada di bawah ukuran normal, bisa saja anak tersebut terindikasi cerebral palsy.
  1. Pengukuran Lingkar Lengan Atas
Pengukuran lingkar lengan atas merupakan pengukuran yang dilakukan untuk mendeteksi kondisi gizi. Kondisi gizi bisa diketahui dengan melihat jaringan otot dan lapisan lemak di bawah tubuh. Parameter ini kemudian digunakan untuk memantau kondisi gizi anak. Apakah telah tercukupi dengan baik atau malah jauh di bawah standar yang jadi acuan.

Alat Ukur yang digunakan untuk Mendeteksi Stunting

Untuk mendeteksi stunting dengan baik, tentu saja kemudian kita membutuhkan alat yang sesuai untuk memperkuat data yang akan dicapai. Berikut merupakan berbagai alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi stunting:
  • Timbangan Berat Badan Digital
Timbangan berat digital dapat digunakan untuk mengukur berat badan anak. Salah satu cara untuk mengukur berat anak melalui timbangan digital adalah dengan meminta ibu dan anak untuk berdiri diatas timbangan. Kemudian hasil yang didapatkan dikurangi dengan berat ibu yang lantas berdiri sendiri di atas timbangan. Namun, seiring berkembangnya zaman sekarang, timbangan digital sanggup menghitung selisih berat ibu dan anak secara otomatis.


  • Pengukur Panjang Badan atau Stadiometer
Stadiometer merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tinggi badan anak. Jenis stadiometer portable adalah salah satu stadiometer favorit karena dapat digunakan di mana saja. Selain itu, pengukuran menggunakan alat ini dapat mencapai tinggi 200cm.


  • Pengukur Panjang Bayi atau Infantometer
Infantometer merupakan alat ukur panjang badan untuk bayi. Alat ini digunakan dengan cara bayi yang ditidurkan pada alas berupa datar, yang kemudian dapat didapatkan hasil perhitungan tinggi badan bayi.


  • Tape Ukur Lingkar Lengan dan Lingkar Kepala
Pengukuran lingkar lengan dan lingkar kepala sanggup digunakan dengan menggunakan tape meteran yang berfungsi untuk mengukur anggota tersebut. Tape ukur ini dibentuk sedemikian rupa untuk menyesuaikan pengukuran sehingga mampu menghasilkan informasi yang akurat untuk pengukuran.



Bagaimana Cara Mendapatkan Produk Stunting Kit?
Oleh karena itu, kita harus membiasakan diri untuk menjalankan pengukuran antropometri secara berkala guna mendeteksi stunting. Dengan terdapatnya perihal tersebut, angka prevelensi stunting bakal turun dari tahun ke tahun.

Bagi kamu yang memerlukan produk-produk antropometri tersebut, SOLO ABADI sudah menyediakan produk guna mendeteksi stunting.

Untuk info lebih lanjut, silahkan klik link berikut atau menghubungi whatsapp di nomor berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar