Senin, 13 April 2020

Mengaplikasikan Antropometri dalam Memaksimalkan Nilai Produk yang Ergonomis

Ketika kita berbicara tentang pengaplikasian antropometri di dalam meningkatkan nilai produk, ilmu ergonomi sebetulnya dinilai amat perlu untuk menambah kedetailan ukuran agar dapat meningkatkan tingkat kenyamanan dan juga keamanan suatu produk. Terlebih dalam bidang furniture seperti perancangan kursi dan perancangan meja. Ilmu  antropometri sangat diperlukan untuk menciptakan sarana kerja yang nyaman. Untuk menentukan perancangan yang baik, pastinya anda juga wajib menyimak kedetailan produk.

Oleh sebab itu, pengukuran yang cermat dapat membuahkan produk unggulan yang sesuai bersama dengan kebutuhan pengguna. Sehingga apabila product yang nyaman dan cocok dengan kebutuhan pengguna sudah terpenuhi, bukan tidak mungkin produk anda menjadi laris dipasaran.



Alat yang digunakan untuk Mengukur Antropometri Tubuh Manusia

Sebelum memahami mengenai cara menciptakan product yang aman dan nyaman bersama dengan antropometri, maka terlebih dahulu kita bakal mengupas mengenai alat ukur yang digunakan di dalam pengukuran dimensi tubuh manusia.

Dalam menjalankan pengukuran antropometri, terkandung dua alat yang digunakan. Alat ini sanggup mendukung seseorang untuk mengukur dimensi tubuh dengan lebih cermat. Saat ini, ada dua alat yang digunakan untuk mengukur dimensi tubuh manusia, yakni:
  1. Kursi Antropometri
Alat ukur yang kebanyakan digunakan di dalam mengukur ruang lingkup dimensi tubuh manusia adalah Kursi Antropometri. Beberapa th. yang lalu, kursi antropometri terbuat dari bahan kayu yang amat konvensional. Sehingga terkadang sanggup berlangsung dengan adanya kesalahan dalam perhitungan.

Kendati demikian, waktu ini udah ada Kursi Antropometri yang lebih modern dengan mengkombinasikan teknologi listrik dalam perhitungannya.

Kursi Antropometri
  1. Portable Antropometri / Anthropometer Kit
Selain kursi antropometri, kita juga mampu memanfaatkan alat antropometri portable dalam menjalankan pengukuran antropometri tubuh manusia. Biasanya alat portable antropometri atau yang dikenal pula dengan anthropometry measurement kit, merupakan alat alat yang terdiri dari antropometersliding caliperspreading caliper dan juga jangka sorong.

Alat ini sangat praktis untuk digunakan dan sanggup digunakan kapanpun dan di manapun. Portable Antropometri biasanya digunakan untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan kerja. Perhitungan yang dilakukan menggunakan portable antropometri pun tak kalah baik bersama dengan kursi antropometri yang tersedia di atas.

Portable Antropometri / Athropometry Measurement Kit

Dengan terdapatnya antropomeri inilah, aplikasi ergonomi di dalam pembuatan produk furniture sanggup mudah dicapai. Pengukuran ini mempunyai tujuan untuk mengerti wujud dimensi tubuh, supaya produk yang dirancang lebih sesuai dan dapat menambahkan kenyamanan kepada pengguna.

Pentingnya Produk Furniture yang Nyaman

Perkembangan product furniture pun makin lama terus menunjukkan peningkatan. Dan hingga kini, ada banyak acuan yang dipakai oleh para produsen furniture dalam memilih dimensi ukuran product yang sesuai dengan pengguna.

Sebaiknya bukan cuma berasal dari segi desain saja yang perlu diperhatikan, tapi anda juga wajib menitik beratkan mutu produk dalam perihal keamanan dan kenyamanan penggunaan.

Selain mampu memicu pengguna berlama-lama bersama dengan produk anda serta mampu memberi tambahan pengaruh positif bagi pengguna.

Contoh Product non Ergonomis

Sebagian orang menggunakan banyak selagi mereka di meja dan kursi, oleh karena itu susunan furniture yang nyaman memang sangat penting. Sehingga banyak produsen memperhatikan kembali hasil antropometri kebanyakan penggunanya kala memproduksi product furniture

Dengan alasan tersebut, ukuran sangatlah penting untuk meraih nilai tambah bagi produk furniture kamu. Dan pengaplikasian antropometri lah yang paling berperan.

Lalu Apa Acuan Penggarapan suatu Produk Furniture?

Sebelum merancang product furniture, sudah seharusnya anda melaksanakan acuan perancangan yaitu mengukur dimensi tubuh pengguna. Untuk memperoleh information ukuran pengguna yang detail, sebaiknya anda menggunakan Kursi Antropometri sebagai alat pengukur tubuh untuk mendapatkan kedetailan di dalam setiap sisinya.

Secara garis besar information pengukuran Kursi Antropometri memiliki pedoman pengukuran sendiri. Dari sebagian metode pengukuran knowledge bagian tubuh yang digunakan diantaranya yaitu posisi berdiri, posisi duduk samping, dan juga area wajah.

Contoh Alat Ukur Kursi Antropometri

Dengan terdapatnya data tersebut, kita bisa memilih beberapa dimensi yang wajib diperhatikan dikala mengolah product furniture. Dimensi tersebut diantaranya ketinggian produk, sudut kemiringan sandaran produk, komposisi desain yang bakal direncanakan, dan keseimbangan terhadap perancangan produk.

Selain memakai Kursi Antropometri, kalian juga sanggup memakai Portable Antropometri Kit supaya dapat menjalankan pengukuran dengan lebih mudah, efisien dan mampu dikerjakan di mana saja.

Tidak hanya digunakan dalam memproduksi produk furniture saja, Kursi Antropometri dan Portable Antropometri dapat digunakan dalam pengaplikasian product lain. Contohnya seperti dalam ilmu antropologi, alat ukur praktikum desain interior, alat praktikum teknik sipil, alat ukur anatomi tubuh dan olahraga.

Untuk informasi tambahan, silahkan kunjungi link berikut atau hubungi via whatsapp di nomer berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar